Rezeki Tamu

Rezeki Tamu

Rezeki Tamu

Alhamdulillah dalam waktu yang tidak terlalu lama ada beberapa tamu dari jauh yang berkenan silaturahmi ke tempat kami di PP Raudhatul Ulum Suramadu. Habib Oemar Al Baity dari Pontianak bersama Sayidil Habib Hasan Al-Bayti. Juga Saudagar Muda Ust Yusuf Arbi  pemilik percetakan Maktabah Turmusy . Dan terakhir Ustadz Dana El-Dachlany yang menghadiahkan kitab tentang Qiraah melalui jalur Syu'bah (insyaallah akan diulas beberapa hari ke depan).

Ngapunten kalau suguhan dari kami tidak seimbang dengan Fadilah panjenengan semua sebagai tamu yang mestinya kami muliakan, berdasarkan pesan hadis berikut:

ﺇﺫا ﺩﺧﻞ اﻟﻀﻴﻒ ﻋﻠﻰ اﻟﻘﻮﻡ ﺩﺧﻞ ﺑﺮﺯﻗﻪ ﻭﺇﺫا ﺧﺮﺝ ﺧﺮﺝ ﺑﻤﻐﻔﺮﺓ ﺫﻧﻮﺑﻬﻢ (ﻓﺮ) ﻋﻦ ﺃﻧﺲ.

"Jika tamu mendatangi sebuah kaum maka ia datang dengan rezekinya dan jika ia pulang maka pulang dengan ampunan untuk kaum tersebut" (HR Dailami dari Anas)

Kendati para ulama memberi penilaian daif pada hadis tersebut namun Al-Hafidz As-Suyuthi memiliki hadis jalur lain yang semakna:

ﺇﺫا ﺃﺭاﺩ اﻟﻠﻪ ﺑﻘﻮﻡ ﺧﻴﺮا ﺃﻫﺪﻯ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻫﺪﻳﺔ: اﻟﻀﻴﻒ ﻳﻨﺰﻝ ﺑﺮﺯﻗﻪ ﻭﻳﺮﺗﺤﻞ ﻭﻗﺪ ﻏﻔﺮ اﻟﻠﻪ ﻷﻫﻞ اﻟﻤﻨﺰﻝ (ﺃﺑﻮ اﻟﺸﻴﺦ ﻓﻲ اﻟﺜﻮاﺏ ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ اﻟﻤﻌﺮﻓﺔ اﻟﻀﻴﺎء) ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻗﺮﺻﺎﻓﺔ.

"Jika Allah menghendaki kebaikan kepada suatu kaum maka Allah kirim hadiah kepada mereka; yaitu tamu. Ia datang dengan rezekinya dan pulang sementara Allah telah memberi ampunan untuk tuan rumahnya" (HR Abu Syekh, Abu Nuaim dan Dhiyauddin Al-Maqdisi dari Abu Qarshafah).

Sumber FB Ustadz : Ma'ruf Khozin 

11 Mei 2022  ·